Sabtu, 28 April 2012

Spanyol di Euro 2012

Del Bosque: Lupakan Kejayaan Spanyol!


Menjadi juara dalam kejuaraan besar dunia adalah sebuah kebanggaan besar bagi seorang pelatih. Hal itu tak terkecuali bagi Pelatih Vicente Del Bosque, yang mengantar Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010. Ia mengaku bangga dengan prestasi tersebut. Namun, ia ingin agar kejayaan pada masa itu segera dilupakan saat berlaga pada Euro 2012 nanti.

"Saya kira kami seperti orang biasa. Kami bisa bangga dengan apa yang telah kami raih, tapi kini itu hanya menjadi masa lalu, dan kami harus menghadapi masa depan," ungkap Del Bosque seperti dilansir UEFA.com, Senin (23/4/2012).

Di final Euro 2008, Spanyol berhasil membekuk Jerman dengan skor 1-0 lewat gol Fernando Torres. Namun, saat itu Spanyol dilatih Luis Aragones. Tak berhenti sampai di situ, tim berjuluk "La Furia Roja" itu kembali menunjukkan kualitasnya pada Piala Dunia 2010 setelah berhasil menumbangkan Belanda lewat gol dari Andres Iniesta pada menit ke-117, meski jabatan pelatih berpindah ke Del Bosque.

"Dan jika kami ingin menjaga penampilan di lapangan, tidak ada kemungkinan lain selain melupakan kemenangan kami dan mempersiapkan tantangan berikutnya," ungkap Bosque.

Mantan Pelatih Real Madrid ini disebut-sebut melakukan perjalanan ke Barcelona untuk bertemu dengan David Villa guna membicarakan kesiapan striker itu pada Euro 2012. Villa sendiri sempat mengalami cedera serius pada tulang keringnya, tetapi Del Bosque berharap ia bisa bermain bersama "La Furia Roja". Kini Spanyol berada di Grup C bersama Kroasia, Irlandia, dan Italia. Spanyol akan langsung berhadapan dengan Italia pada pertandingan pertama, 10 Juni.

Del Bosque Jenguk David Villa di Barcelona



Del Bosque berharap Villa sudah fit dan bisa bermain di Euro.

Pelatih tim nasional Spanyol, Del Bosque terbang ke Barcelona, hari ini. Del Bosque menjenguk striker Barca, David Villa untuk mengetahui kondisinya apakah bisa bermain di Euro 2012 atau tidak.

Striker 30 tahun ini sudah absen dari lapangan hijau dalam beberapa bulan terakhir karena cedera. Tapi, Del Bosque berharap Villa sudah fit dan bisa bermain di Euro.

Mantan striker Valencia ini mengalami retak tulang tibia saat tampil bersama Barca di Piala Dunia Klub FIFA, Desember 2011. Cedera Villa semakin serius sehingga harus absen lama dari lapangan hijau.

Villa pernah menyebut proses pemulihan kondisinya berjalan lancar dan bisa tampil kembali sebelum akhir musim kompetisi 2011-12. Tapi, belum jelas apakah El Guaje bisa tampil di Polandia dan Ukraina.

Del Bosque sangat berharap bisa membawa Villa ke Euro. Karena sang juara bertahan Spanyol minim striker berkualitas setelah Fernando Torres mengalami inkonsistensi permainan.

Spanyol bergabung dengan Italia, Irlandia dan Kroasia di Grup C. Spanyol mulai mempertahankan gelar melawan Italia pada 10 Juni 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar